Pengertian, Syarat dan Contoh Membuat Pantun yang Benar dan Baik

shares |


Siapa yang tak kenal dengan pantun? Tentu saja hampir semua orang mengenalnya. Pantun pada dasarnya memiliki banyak jenis, ada pantun jenaka, pantun cinta, pantun nasihat, pantun berbalas, pantun pendidikan dan berbagai jenis pantun lainnya.

Pengertiannya sendiri, pantun berasal dari kata patuntun, yang artinya merupakan cara untuk memberi nasihat kehidupan. Pantun juga dapat dijadikan tuntunan dalam menjalani berbagai kehidupan.

Sebenarnya pantun sendiri adalah sebuah karya sastra sehingga jika ingin membuatnya harus mengikuti aturan yang ada. Ada beberapa aturan yang dibuat dalam penyusunan pantun sehingga menjadi pantun yang baik dan benar.

Pembuatan pantun terdiri dari bait, dimana untuk tiap baitnya disusun dengan baris-bari, satu bait terdiri dari 4 baris. Kemudian untuk setiap baris maksimal 12 suku kata minimal 8 suku kata. Sedangkan untuk katanya terdiri dari 4 sampai 6 kata setiap baris.

Untuk tiap barisnya terdiri dari sampiran dan isi. Dibaris pertama dan kedua adalah sampiran sedangkan untuk baris ketiga dan keempat adalah isi. Sajak yang digunakan dalam membuat pantun adalah sajak a-b-a-b atau a-a-a-a, tak boleh menggunakan sajak a-a-b-b atau format sajak yang lain.

Pada dasarnya ada banyak pengertian dan ciri tentang penulisan puisi ini, namun pada umumnya hampir sama format penulisan sebuah pantun seperti disebut diatas. Agar bisa lebih mendalami dan paham bagaimana membuat pantun, berikut kami telah sampaikan contoh pantun yang benar dibawah ini :


sungguh elok emas permata
lagi elok intan baiduri
sungguh elok budi bahasa
jika dihias akhlaq terpuji

Apa tanda Pinang berbuah
Banyak burung menyeri mayangnya
Apalah tanda orang bertuah
Bijak menghitung hari didepannya

Berbuah kayu ditengah padang
Daunnya rimbun tempat berteduh
Bertuah Melayu berkasih-sayang
Hidup rukun, sengketa menjauh

Jalan jalan ke kota Sumedang
Ada kambung makan rumput
Anak Anak pada senang
Melihat banci bergoyang dangdut

Di pinggir kolam makan bubur
Jangan lupa pakai keripik
Dari semalem aye ga bisa tidur
Selalu teringat wajah mu yg cantik

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar