Cara Menuliskan Kutipan yang Benar dan Tepat dalam Karya Ilmiah

shares |


Menulis sebuah karya ilmiah tentu erat hubungannya dengan penulisan kutipan. Penting dilakukan adanya kutipan untuk melihat dari hasil penelitian sebelumnya sebagai alat untuk dapat memperkuat pendapat atau apa yang kita tuliskan dalam karya tulis ilmiah.

Kutipan dilakukan untuk dapat memberikan sifat objektif serta semakin memperkaya materi apa yang penting dalam suatu penelitian serta mencegah adanya plagiat dalam membuat karya tulis atau karya ilmiah.

Penulisan kutipan juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa sistem dan cara yang harus ditetapkan oleh penulis serta harus konsisten dengan sistem dan gaya yang diambil dalam membuat sebuah kutipan disebuah karya tulis.

Anda juga mesti melakukan pengutipan secara selektif, cermat dan bisa dipertanggung jawabkan. Dalam praktiknya, mengutip ada dua yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

1. Kutipan langsung adalah salinan yang sama persis dengan sumber yang diambil tanpa menambahkan kata-kata lain. Contohnya :

Menurut salah satu historiografi tradisional, penyerahan kekuasaan kerajaan Pajajaran kepada Kerajaan Sumedanglarang berlangsung melalui penyerahan mahkota emas raja Kerajaan Sunda Pajajaran kep[da Prabu Geusan Ulun. Penyerahan mahkota secarasibolisbereti bahwa Sumedanglarang menjadi penerus Kerajaan Sunda (Suryaningrat, 1983: 20—21 dan 30).

2. Kutipan Tak langsung, yaitu mengambil kutipan atau sebuah ide yang diambil dari sumber tententu dan dimasukkan dalam tulisan kita menggunakan bahasa Indonesia yang benar sesuai EYD dengan bahasa kita sendiri. Contohnya :

Ada beberapa pendapat mengenai hal itu. Suryaningrat (1983: 20—21 dan 30) mengatakan, “Menurut salah satu historiografi tradisional, penyerahan kekuasaan kerajaan Pajajaran kepada Kerajaan Sumedanglarang berlangsung melalui penyerahan mahkota emas raja Kerajaan Sunda Pajajaran kep[da Prabu Geusan Ulun. Penyerahan mahkota secara simbolis berarti bahwa Sumedanglarang menjadi penerus Kerajaan Sunda.”

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar