Cara Menulis Proposal Berdasarkan Format Susunan Dengan Benar

shares |


Proposal merupakan suatu bagian penting yang wajib anda buat ketika hendak melakukan kegiatan dan mengajukannya ke pihak atasan. Kata proposal ini pada dasarnya tak pernah asing didengar oleh telinga apalagi bagi pelajar paling erat kaitannya dengan proposal. Saking pentingnya, proposal bahkan masuk dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia.

Pengertiannya sendiri, proposal adalah sebuah rencana kegiatan yang sengaja dirancang dalam bentuk kerja yang akan dijalankan dalam beberapa waktu kedepan. Supaya bisa dipahami secara baik, maka penting rasanya untuk menuliskan rencana kerja terlebih dahulu untuk disampaikan kepada pihak yang berkepentingan.

Biasanya pihak ini meliputi si pemberi izin dan mereka akan memberikan suntikan data dalam pekerjaan tersebut, misalnya saja seperti kepala sekolah, sponsor, dan berbagai pihak lain.

Bahkan dalam membuat skripsipun bagi mahasiswa diwajibkan sebelumnya untuk membuat proposal supaya dapat terancang dengan baik apa yang hendak dilakukan dalam beberapa waktu kedepan.

Mengetahui pentingnya penggunaan proposal dalam berbagai bidang tentu saja kita harus benar-benar bisa menuliskan proposal yang baik dan benar sesuai EYD dan peraturan yang ada. Banyak contoh-contoh proposal dalam kehidupan sehari-hari contohnya proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal usaha dan lain-lain.

Inti sederhananya adalah proposal ini merupakan sebuah rancangan yang dibuat secara tulisan dalam bentuk pengajuan atau permohonan bisa jadi penawaran baik itu berupa gagasam rencana atau ide tertentu yang disampaikan kepada pihak yang akan memberikan ijin atau dana.

Supaya anda tidak mengalami kesalahan ketika menulis proposal. Maka pahamilah secara betul bagaimana format penulisan proposal dengan benar. Beginilah contoh format penulisan proposal
1. Proposal kegiatan, susunannya :

1. Judul Proposal
2. Latar Belakang Proposal
3. Tujuan
4. Manfaat
5. Anggaran

2. Proposal Penelitian, susunannya :

1. Dasar Pemikiran
2. Rumusan
3. Tujuan
4. Manfaat
5. Metode Penelitian
6. Tempat Penelitian
7. Jadwal Penelitian
8. Biaya Penelitian
9. Daftar Pustaka

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar