Beginilah Cara Menulis Catatan Kaki yang Benar dan Baik

shares |


Sebuah catatan kaki atau yang dikenal dengan footnote merupakan hal penting dan sering kali ditemui dalam penulisan makalah, penyusunan skripsi, penelitian dan karya ilmiah lainnya. Oleh sebab itu penting sekali anda mengetahui dan memahami dengan benar bagaimana cara menulis catatan kaki dalam karya tulisan yang dibuat.

Tentu saja penting anda ketahui bahwa menulis catatan kaki tidak bisa sembarangan. Apalagi seperti menyusun skripsi dan karya ilmiah yang notabanenya harus menggunakan aturan penulisan dan EYD yang benar dan baik.

Pada umumnya, menulis karya ilmiah sudah ada aturannya tersendiri yang lengkap dan diatur dalam penulisan di materi pembalajaran bahasa Indonesia. Catatan kaki bisanya ditulis apabila anda meletakkan pernyataan atau tulisan di buku atau jurnal lain kemudian diambil untuk memperkuat tulisan karya anda sendiri baik dalam bentuk makalah, karya ilmiah dan skripsi.

Berdasarkan pengertiannya sendir, catatan kaki atau footnote merupakan sebuah daftar keterangan khusus yang dimuat di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab dalam sebuah karangan ilmiah yang dibuat. Tulisan catatan kaki ini diberikan untuk membuat keterangan dan komentar serta memberikan penjelasan tentang sumber yang dikutip.

Ada aturan tersendiri dalam menuliskan catatan kaki dalam setiap karya ilmiah. Jadi anda tak boleh sembarangan dalam menuliskannya. Agar bisa lebih mudah dipahami, maka penulisan catatan kaki dibuat dengan peraturan bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh pembaca.

Cara menulis catatan kaki tersebut bisa dituliskan dengan contoh format seperti ini :

Nama, Judul ditulis miring, (Kota penerbit: Nama Penerbit, tahun), cetakan, hlm.

Contohnya :

Irianti, <i>Pendidikan Bahasa Indonesia </i>, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002), hlm 60.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar