Arti dan Penting Aturan Dalam Menulis Kalimat Efektif

shares |


Dalam belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar memang terkadang cukup sulit, biasanya bagi pelajar sulit untuk mempelajari materi kalimat efektif yang sesuai dengan aturan penulisannya.

Pada dasarnya kalimat efektif sendiri mempunyai penulisan atau kaidah-kaidah yang penting didalamnya. Banyak pengertian mengenai kalimat efektif menurut beberapa ahli. Dalam rangkumannya sendiri kalimat efektif ini merupakan kalimat yang dapat menyampaikan pemikiran atau perasaan si penulis dengan jelas dan tepat untuk para pembacanya.

Membuat kalimat efektif sebenarnya tidak terlalu sulit akan tetapi tak lantas harus digampangkan. Kalimat yang memiliki arahan kepada fungsi, topik, tujuan atau apa yang dibicarakan disebut dengan kalimat efektif.

Penting sekali anda memahami penulisan kalimat efektif serta aturannya supaya dapat menyampaikan apa yang ditulis ke para pembaca. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia kalimat efektif sering kali keluar sebagai materi yang begitu penting supaya dapat menuliskan kalimat efektif sesuai peraturan yang benar dan kaidah yang berlaku.

Bagi pemula dalam dunia menulis, biasanya sering kali menemui masalah dalam penulisan kalimat efektif ini, sehingga penting sekali untuk mempelajarinya. Kadang karena obsesi yang begitu tinggi ketika menulis membuat para penulis melupakan pentingnya kalimat efektif sehingga tulisan terkesan tak enak untuk dibaca.

Ada beberapa unsur penting yang mesti diperhatikan dalam menulis kalimat efektif terdiri dari unsur kesepadanan, kepararelan, ketegasan, kehematan, kecermatan, dan unsur kepaduan.

Inilah aturan dalam menulis kalimat efektif :

a. Kalimat efektif ditulis dengan kaidah yang benar, yaitu
1). Kalimat harus memiliki subjek dan predikat.
2). Tidak boleh hanya berupa klausa bawahan.
3). Pilihan katanya harus tepat.

b. Pesan yang dikandung harus jelas. Kalimat yang panjang dapat mengaburkan pesan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar